Minggu, 31 Mei 2009
LunturNya Kebudayaan Indonesia
Indonesia dikenal memiliki aneka kebudayaan, adat istiadat, bahasa, baju adat dll. Itu karena Indonesia terdiri dari negara kepulauan. semua itu adalah hartayang harus dijaga oleh kita sebagi penerus, para leluhur dengan susah payah melestarikan dan menjaga kebudayaan mereka sehingga diwariskan kepada penerusnya sampai sekarang. Akan tetapi, karena kemajuan zaman dan tidak bisa menyaring kebudayaan negara yang masuk ke negara ini, kita melupakan kebudayaan kita sendiri karena datangnya budaya baru terutama budaya barat. Tidak hanya kebudayaan yang positif tetapi yang negatifpun kita ambil. Sehingga berakibat buruk pada masyarakat terutama para remaja antara lain pergaulan bebas dan cara berpakaian.
Mereka menganggap budaya kita sudah ketinggalan zaman atau kuno, sehingga malu untuk memperkenalkan budayanya sendiri. Sebaliknya, masyarakat luar malah mempelajari budaya kita. Mereka mempelajari bahasa daerah dan alat musik daerah lalu mereka bawa ke negara mereka masing-masing lalu diperkenalkan oleh mereka. Sehingga tidak heran jika kebudayaan kita diambil dan diakui sebagai kebudayaan mereka karena kita tidak mau memperkenalkan dan mengembangkan kebudayaan sendiri.
Seharusnya kita malu dengan kejadian tersebut, nenek moyang dengan susah payah menciptakan, menjaga dan melestarikan kebudayaan hilang begitu saja diambil oleh negara lain. tetapi kita sebagai penerus hanya diam dan acuh terhadap kejadian tersebut. Mungkin Kebudayaan yang kita miliki akan hilang atau menjadi hak milik negara lain. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus belajar mengenal dan mencintai kebudayaan sendiri dengan belajar setelah itu diperkenalkan kepada masyarakat luar "inilah budaya kita..." Karena Kebudayaan ini tidak dimiliki oleh negara lain karena itu mengapa kebudayaan yang kita punya disebut sebagai harta yang paling berharga yang tidak bisa ditukar oleh materi lain yaitu uang.
posted by Pujiyanti @ 19.15  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me


Name: Pujiyanti
Home: Yogyakarta, DIY, Indonesia
About Me:
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Free Blogger Templates